top of page

KENAPA LULUSAN SARJANA MASIH NGANGGUR?


Lulusan Sarjana Menganggur

Kenapa masih banyak lulusan sarjana yang menganggur?

Pemerintah masih menghadapi persoalan tingginya angka pengangguran terdidik. Hal ini tercermin dari tingkat pengangguran terbuka (TPT) lulusan universitas dengan rentang pendidikan S1 hingga S3 yang mencapai 737.000 orang.



Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), per Agustus 2019, jumlah pengangguran lulusan universitas mencapai 5,67 persen dari total angkatan kerja sekitar 13 juta orang. Meski persentasenya turun dibandingkan Agustus 2018 yang 5,89 persen, angkanya di atas rata-rata pengangguran nasional yang sebesar 5,28 persen.



Mari kita pelajari, kira-kira inilah alasan kenapa masih banyak lulusan sarjana yang menganggur:


1. Terlalu Tinggi Berkekspektasi

Tidak ada salahnya memang ketika kita berekspektasi mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Akan tetapi ada baiknya kita bisa menyeimbangkan antara target perusahaan dengan kemampuan yang dimiliki saat itu.


2. Kurangnya Pengetahuan Tentang Dunia Kerja

Pengetahuan tentang dunia kerja sangat dibutuhkan bagi para pencari kerja dan juga termasuk lulusan sarjana. Bagaimana seharusnya etika dalam melamar pekerjaan, mengirim CV lamaran kerja atau apapun yang berhubungan dengan dunia kerja.



3. Terlalu Pilah-Pilih Perusahaan Padahal Tidak Punya Kemampuan Yang Sesuai

Bagi lulusan sarjana terutama Fresh Graduate ada baiknya kita harus menyesuaikan kemampuan yang dimiliki dengan perusahaan yang akan dilamar.



4. Keterampilan Yang Dimiliki Tidak Sesuai Dengan Kebutuhan Dunia Kerja

Sekarang ini tidak sedikit kampus yang mengajarkan atau memberikan pendidikan yang kurang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Oleh karena itu wajib bagi kamu untuk terus upgrade skill dan kemampuan agar terus bisa seimbang dengan kebutuhan dunia kerja.


5. Kurangnya Lapangan Kerja

Memang tak bisa dipungkiri, semakin banyak lulusan sarjana tidak berbanding lurus dengan keterbukanya lapangan pekerjaan. Oleh karena itu kita harus terus belajar dan menambah wawasan serta menjalin relasi ke siapapun. Siapa tahu kedepannya kitalah yang menciptakan lapangan pekerjaan tersebut.



So, semoga beberapa tips tersebut dapat membantu para Job Seeker terutama yang baru saja lulus dapat segera mendapatkan jodohnya. Semangat dan pantang menyerah demi mewujudkan cita – cita kita!


Apabila ada pertanyaan terkait artikel diatas ataupun ingin bertanya lebih lanjut terkait dengan dunia pekerjaan bisa melalui akun instagram @bawatama atau melalui akun linkedin bawatama




120 views0 comments
bottom of page