Search

Etika mengirim cv lamaran kerja



Sering keli menjadi keresahan seorang HRD yang mendapatkan email lamaran pekerjaan yang terkesan tidak memiliki etika. Dan hal itulah yang bisa jadi membuat teman - teman yang belum mendapatkan pekerjaan sampai dengan sekarang ini.


Simak penjelasan berikut terkait bagaimana etika mengirim CV lamaran pekerjaan yang baik melalui email :


1. Isi Suject Email dengan Benar.

Karena banyaknya email yang masuk, HRD biasanya tidak langsung membaca surat lamaran. Tetapi mendownloadnya sesuai dengan subjek email yang tertulis. Jika Anda ingin menjadi salah satu calon kandidat yang mendapatkan respon cepat maka jangan salah atau melewatkan untuk mengisi subjek email. Biasanya yang di tulis yaitu mengenai posisi lamaran dan nama Anda. Ini bertujuan agar HRD melihat apakah posisi yang anda lamar sedang di butuhkan atau tidak. Jangan sampai email Anda hanya masuk ke folder trash yang tidak akan pernah di baca HRD karena mengkosongkan subjek email.


Baca juga : Tips Menjawab Interview HRD


2. Tulis Prakata pada Body Email

Kesalahan terbesar para pelamar yaitu ketika mengirim lamaran CV via email tidak dibarengi dengan tulisan pembuka di body email. Biasanya yang dilakukan hanya menyisipkan lampiran yang dibutuhkan saja. Padahal point yang menjadi penilaian yaitu di saat Anda memperkenalkan diri dan menyampaikan tujuan pengiriman surat tersebut. Isinya tidak perlu paniang lebar, hanya beberapa prakata dari mulai salam, pembuka, data diri lalu tutup. Penjelasan yang singat dan padat sehingga mudah dipahami HRD.


3. Menggunakan Akun Email Formal


Alamat email apa yang Anda gunakan untuk mengirim berkas lamaran Anda? Apakah email formal yang hanya bertuliskan nama Anda, atau kah alamat email yang bernama kata-kata alay? Ternyata pihak perusahaan mempertimbangkan kepribadian Anda melalui nama email yang di miliki. Sehingga mengharuskan setiap pelamar untuk menggunakan akun yang formal. Ini sebagai bentuk profesionalitas seseorang yang dianggap sudah mampu terjun ke dunia kerja dan sebagai bentuk keseriusan.


4. Kirim Lamaran di Waktu yang Tepat

Untuk mengirim CV lamaran kerja memang harus di waktu yang tepat, karena ini untuk memberikan peluang bagi Anda agar diterima secara langsung. Sehingga kesempatan HRD untuk membaca resume Anda menjadi lebih leluasa. Kirim pada saat jam kerja berlangsung, biasanya sekitar jam 9 sampai jam 4 sore. Di luar jam tersebut lebih baik pertimbangkan lagi untuk mengirimnya. Karena email Anda hanya akan menumpuk dengan email baru lainnya yang di kirim saat jam kerja berlangsung. Juga peluang untuk mendapatkan respon menjadi lebih sedikit,


Baca juga : Jebakan Interview HRD


5. Penulisan yang Rapi dan Hindari Typo

HRD biasanya akan membuktikan keseriusan Anda melamar dengan melihat bagaimana Anda mengetik atau membuat lamaran dan resume Anda.

Etika yang tepat dan benar bagi seorang pelamar juga di lihat dari penulisannya yang rapi. Anda harus cek ulang kembali secara keseluruhan lamaran CV sebelum di kirim. Gunakan struktur penulisan yang umum dipakai banyak orang. Dari mulai jenis tulisan yang mudah di baca, ukuran huruf  yang proporsional sampai rata kanan kiri. Jika semuanya sudah di atur maka akan lebih nyaman ketika di lihat oleh HRD


Baca juga : Skill yang Gak Perlu Dicantumkan dalam CV


Semoga dengan beberapa tips diatas bisa membantu untuk segera mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Apabila ada pertanyaan terkait artikel diatas ataupun ingin bertanya lebih lanjut terkait dengan dunia pekerjaan bisa melalui akun instagram @bawatama atau melalui akun linkedin bawatama

119 views

Contact

BAWANA MARGATAMA, PT

Sovereign Plaza,2nd floor, Jl.TB Simatupang No 36 West Cilandak, South Jakarta, 12430

​​

recruitment@bawatama.com 

Tel. +62 21 2940 0271 / 72

  • Black LinkedIn Icon
  • Black Instagram Icon

© 2023 by Bawana Margatama