Search

SKILL DALAM CV

Updated: Mar 6


Bagaimana kabar pencarian kerja teman - teman semua ?

Jika sampai sekarang masih belum mendapatkan pekerjaan bisa jadi ada yang salah dalam penulisan CV. Karena CV menjadi pengantar awal yang akan menentukan jalan panjang kedepannya.


Sering kali kita masih melihat CV atau resume yang tidak ada kaitannya dengan posisi yang dilamar, seperti melamar di posisi Programmer namun memasukkan skill memasak dan lain - lain. Mencantumkan skill di dalam CV memang menjadi nilai jual bagi pelamar namun perlu diperhatikan skill apa saja yang sekiranya relevan dengan pekerjaan yang dilamar.


Baca juga : Tips Melamar Pekerjaan


Berikut merupakan skill yang tidak perlu dicantumkan dalam CV :


1. Skill yang tidak dikuasai

Skill menjadi nilai jual tersendiri yang akan menjadi titik dimana perusahaan mencari calon karyawannya. Akan tetapi jangan sampai kita asal memasukkan skill tersebut ke dalam CV sehingga kita tidak dapat mempetanggungjawabkannya suatu hari nanti. Selain itu akan merugikan perusahaan juga akan merugikan diri sendiri karena nilai pada seseorang tersebut akan turun.


2. Skill yang sudah ketinggalan zaman

Seiring dengan perkembangan zaman sekarang ini sudah banyak perusahaan yang membutuhkan skill yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Oleh karena itu para Job Seeker pun harus mengimbangi hal itu dengan mengupdate skill ataupun kemampuan yang dimiliki.


3. Skill yang dimiliki setiap orang

Salah satu indikator perusahaan dalam menilai calon karyawannya adalah dengan mencari suatu nilai pembeda ataupun nilai tambah yang dimiliki seseorang. Apa jadinya jika skill kita sekadar sama dengan skill pelamar yang lain dan tidak ada nilai jual lain yang dimiliki dalam diri sendiri.


4. Skill yang tidak relevan dengan posisi

Poin ini menjadi salah satu yang paling berpengaruh karena akan percuma jika kita memasukkan berbagai banyak skill di dalam CV namun skill tersebut tidak ada kaitannya sama sekali dengan posisi yang dilamar.


5. Skill yang abstrak dan terlalu umum digunakan

Dalam penulisan CV juga harus jelas dan tidak abstrak serta usahakan untuk memilah skill yang akan kita masukkan ke dalam CV karena bisa jadi skill yang akan kita masukkan tersebut sudah terlalu umum dipamerkan di dalam CV dan tidak akan menjadi nilai jual sama sekali.


Baca juga : Tips Mencari Kerja


Di atas tadi adalah beberapa poin penting terkait dengan skill yang tidak perlu dicantumkan di dalam CV. Skill bisa menjadi salah satu indikator kuat sebuah perusahaan dalam memilih calon karyawan, namun jangan sampai skill kita menjadi penyebab penilaian buruk di mata perusahaan.

Semoga sukses dalam pencarian kerja berikutnya!


Semoga dengan beberapa tips diatas bisa membantu untuk segera mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Apabila ada pertanyaan terkait artikel diatas ataupun ingin bertanya lebih lanjut terkait dengan dunia pekerjaan bisa melalui akun instagram @bawatama atau melalui akun linkedin bawatama

27 views

Contact

BAWANA MARGATAMA, PT

Sovereign Plaza,2nd floor, Jl.TB Simatupang No 36 West Cilandak, South Jakarta, 12430

​​

recruitment@bawatama.com 

Tel. +62 21 2940 0271 / 72

  • Black LinkedIn Icon
  • Black Instagram Icon

© 2023 by Bawana Margatama