Search

yakin udah kenal sama diri sendiri?



Seberapa kenal kamu dengan diri sendiri?


Yakin selama ini kamu sudah cukup kenal dengan diri kamu sendiri?

Kenapa sih harus kenal dengan diri sendiri?


Kita harus mengenali diri kita sendiri supaya kita bisa mengetahui apa potensi yang kita miliki, juga dengan kelemahan serta kelebihan yang kita miliki selama ini. Ketika kita kenal dengan diri kita sendiri, kita akan lebih bisa memaksimalkan potensi yang ada pada diri sendiri dan kemudian kita bisa menjadi versi terbaik dari diri kita.


Coba jawab beberapa pertanyaan berikut untuk mengetes seberapa kenal kamu dengan diri kamu sendiri.



Baca juga: Kenapa Lulusan Sarjana Masih Banyak Jadi Pengangguran?



1. Siapa idolamu? Dan kenapa kamu mengidolakannya?

Sebenarnya dengan kamu mengetahui siapa idolamu dan alasan yang mendasari kenapa kamu mengidolakannya, kamu semakin mengetahui siapa kamu dan ingin jadi apa kamu. Setidaknya kamu sudah punya seorang role model yang kamu jadikan panutan dalam hidupmu.



Baca juga: Banyak Pengalaman Malah Ditolak Kerja, Kok Bisa?



2. Apa quote favorit darinya?

Kenapa quote favorit dari seorang idola termasuk penting dalam proses mengenal diri sendiri?

Setelah kamu mengetahui siapa idolamu dan kenapa kamu mengidolakannya, kamu akan semakin termotivasi dalam hidup ketika mengetahui quote favoritnya dan bahkan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Quote memang salah satu senjata ampuh untuk menaikkan kembali motivasi dan semangat, apalagi jika quote itu adalah dari seorang idolamu.


Jadi sudah tau kah quote favorit darinya?


3. Apa hal yang memotivasi kamu dalam hidup?

Selain membutuhkan motivasi dari internal atau dalam diri, terkadang memang membutuhkan motivasi dari pihak eksternal. Misalnya motivasimu dalam hidup adalah ingin menjadi seorang yang bermanfaat bagi orang lain, ditambah dengan motivasi dari pihak luar misalnya ingin membanggakan kedua orang tua. Dengan kedua motivasi tersebut kamu semakin semangat dalam menjalani kehidupanmu.



Baca juga: Cara Mempunyai Orang Dalam


4. Apa tujuan hidup kamu?

Hampir sama dengan motivasi dalam hidup, tujuan hidup harus kamu susun mulai dari sekarang. Tujuan hidup bisa berarti target-target yang ingin kamu capai di umur tertentu atau bisa juga pencapaian terbesar yang ingin kamu raih selama kamu hidup.


5. Sebelum kamu meninggal, kamu akan ......

Apakah selama ini pernah terlintas di pikiranmu kira-kira sebelum kamu meninggal kamu ingin melakukan apa aja? Atau kamu ingin dikenal sebagai apa ketika meninggal nanti?

Coba resapi dan jadikan bahan renungan, sampai di umur sekarang sudah punya daftar hal yang ingin kamu lakukan belum? Kalau belum, yuk sama-sama kita susun target-target atau hal-hal apa saja yang ingin kita lakukan sebelum kita meninggal, supaya kita tau juga kita ingin dikenang sebagai apa ketika sudah meninggal nanti.



Baca juga: Kiat-Kiat Produktif di Kala Sedih



Jadi bagaimana? Apakah sudah bisa menjawab semua pertanyaan di atas?

Kalau belum, yuk mulai dari sekarang kita catat pertanyaan-pertanyaan di atas dan coba jawab agar kita bisa semakin mengenal dengan diri kita sendiri.


So, semoga beberapa penjelasan tersebut dapat membantu kita semua dalam mengenal diri kita masing-masing, ya.


Apabila ada pertanyaan terkait artikel diatas ataupun ingin bertanya lebih lanjut terkait dengan dunia pekerjaan bisa melalui akun instagram @bawatama atau melalui akun linkedin bawatama

46 views

Contact

BAWANA MARGATAMA, PT

Sovereign Plaza,2nd floor, Jl.TB Simatupang No 36 West Cilandak, South Jakarta, 12430

​​

recruitment@bawatama.com 

Tel. +62 21 2940 0271 / 72

  • Black LinkedIn Icon
  • Black Instagram Icon

© 2023 by Bawana Margatama