Search

Pekerjaan yang Cocok untuk Seorang Introvert


Kamu si tipe introvert atau extrovert ? Kalau kamu si introvert harus pandai memilih pekerjaan yang pas buat kamu agar bisa terus mengembangkan karir yang cocok. Tapi, apa ya pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert ?

Berikut ini beberapa pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert :

1. Akuntan

Sifat pendiam seorang introvert dapat dimanfaatkan secara maksimal ketika ia berprofesi sebagai akuntan di sebuah perusahaan. Pasalnya, pekerjaan yang dilakoni membutuhkan konsentrasi dan ketelitian tingkat tinggi tanpa memerlukan campur tangan banyak orang.

Menariknya, seseorang yang introvert justru lebih mudah berkonsentrasi dalam waktu panjang, sehingga analisis dan pelaporan finansial perusahaan akan berjalan dengan efektif dan efisien.


2. Programmer

Pada perkembangan teknologi dan internet saat ini, pekerjaan programmer tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Forbes bahkan mencatat, seorang web programmer di Amerika Serikat mampu mengantongi pendapatan hingga $47,430 per tahun atau setara dengan Rp615 jutaan.

Seorang programmer hanya akan berhubungan dengan layar komputer juga coding tanpa perlu banyak berbasa-basi dengan rekan kerjanya.


3. Manajer Sosial Media

Terlepas dari kata “sosial” yang menempel di profesi ini, namun sebetulnya mengurus

sosial media adalah pekerjaan yang lebih banyak dilakukan seorang diri dari balik layar. Tugas utama seorang social media manager umumnya adalah membuat konten dan meng-handle segala kegiatan sebuah brand di platform online. Umumnya social media manager akan bekerja dengan beberapa kolega dalam satu perusahaan, sementara ada juga beberapa social media manager yang bekerja dengan lebih fleksibel dan tidak harus ke kantor. Yang pasti, social media manager akan lebih banyak menghabiskan waktu dan berkomunikasi secara online dibanding tatap muka langsung.



Baca juga : Tips mencari kerja



4. Desainer Grafis

Sekali lagi, seorang introvert punya daya imajinasi yang sangat baik di dalam dirinya. Tak heran jika profesi desainer grafis tentu sangat pas untuk dirinya. Biasanya desainer grafis juga sibuk dengan perangkat gambar, alat tulis, dan komputer.

Desainer grafis membutuhkan ketenangan untuk bisa menghasilkan suatu gambar. Dengan begitu, mereka tak perlu banyak berinteraksi dengan orang lain selama bekerja.


5. Video Editor

Setelah proses syuting sebuah film atau video selesai, dibutuhkan seseorang untuk menyunting materi mentah tersebut. Pekerjaan sebagai penyunting video sering dianggap sebagai the “dirty work” di industri film, namun bagi mereka yang lebih memilih bekerja dengan temponya sendiri, ini adalah pekerjaan yang terbilang ideal. Tugas utama seorang video editor adalah mengolah footage mentah menjadi kesatuan yang menarik dengan sentuhan kreativitas yang mereka punya, yang umumnya dikerjakan di ruang pribadi mereka yang nyaman tanpa gangguan orang lain.


6. Penulis

Jika Anda berkepribadian introvert sudah dipastikan bahwa ada cukup banyak imajinasi di dalam diri yang mampu membantu Anda dalam menciptakan beragam karya. Manfaatkan kemampuan ini untuk menulis, baik secara cetak maupun melalui sebuah blog.

Profesi ini bahkan disebut-sebut sebagai pekerjaan yang menjanjikan popularitas maupun

materi. Anda dapat menjadi penulis fiksi, non-fiksi, atau bahkan penulis konten website sesuai dengan dunia digital saat ini.



Baca Juga : Skill yang dibutuhkan di dalam CV



7. Analis data / Statistika

Tugas ahli statistik disini berusaha mengembangkan atau menerapkan teori dan metode matematika untuk disimpulkan menjadi data numerik. Setelah itu baru bisa diinformasikan ke masyarakat. Walau beberapa penelitian membutuhkan koresponden, ahli statistika tidak banyak berinteraksi dengan orang lain.


8. Seniman

Jika Anda adalah orang introvert dan memiliki jiwa seni yang tinggi, sebaiknya coba geluti pekerjaan ini. Menjadi seorang seniman juga tidak mudah, butuh ketrampilan ekstra untuk bisa menghasilkan karya-karya luar biasa. Selain itu, seniman yang lebih banyak duduk seorang diri dan mengembangkan ide kreatif dengan menyalurkannya ke berbagai kanvas, piring, atau kain ini akan menjadi pekerjaan yang cukup nyaman untuk orang introvert.


9. Fotografer

Umumnya, introvert akan lebih perhatian pada detail dan punya cara pandang yang lebih tajam dibanding orang lain. Perspektif unik tersebut bisa menjadi bekal untuk menjadi seorang fotografer andal yang bisa menghasilkan foto keren dari angle berbeda. Sebagai fotografer, kamu bisa bekerja secara independen maupun untuk sebuah perusahaan.


10. Paralegal

Untuk yang tertarik pada hukum, selain pengacara kamu pun bisa berkarier sebagai paralegal. Secara umum, paralegal adalah profesi yang tugasnya membantu pengacara dalam pekerjaannya di sebuah firma hukum atau departemen legal di sebuah perusahaan. Namun paralegal itu sendiri bukanlah pengacara. Tugas seorang paralegal umumnya adalah menjalankan administratif, mengorganisasi berkas, melakukan riset hukum, dan menyiapkan dokumen. Meski pada umumnya paralegal bukan merupakan sarjana berlatar pendidikan tinggi hukum, namun bisa saja seorang sarjana hukum menjadi paralegal.


Beberapa pekerjaan diatas merupakan pekerjaan pilihan yang cocok untuk kamu yang memiliki tipe introvert agar kedepannya kamu bisa terus berkembang pada pekerjaan tersebut.

Apabila ada pertanyaan terkait artikel diatas ataupun ingin bertanya lebih lanjut terkait dengan dunia pekerjaan bisa melalui akun instagram @bawatama atau melalui akun linkedin bawatama

19 views

Contact

BAWANA MARGATAMA, PT

Sovereign Plaza,2nd floor, Jl.TB Simatupang No 36 West Cilandak, South Jakarta, 12430

​​

recruitment@bawatama.com 

Tel. +62 21 2940 0271 / 72

  • Black LinkedIn Icon
  • Black Instagram Icon

© 2023 by Bawana Margatama