Search

Kiat - kiat produktif di kala sedih



Perasaan sedih memang bisa membunuh semua hal, salah satunya bisa menurunkan produktivitas kerja. Nah jangan sampai seperti itu ya, apalagi sedih gara – gara patah hati.

Jangan pula karena alasan patah hati, Kamu dimarahi bos karena tidak fokus dan sulit konsentrasi.


Di dunia kerja, kita harus bisa bersikap professional meskipun hati sedang lara. Lalu bagaimana cara agar tetap produktif di kala hati sedang sedih ?

Berikut ini beberapa cara yang bisa Kamu lakukan agar tetap maksimal dalam bekerja :


1. Kerjakan tugas yang paling mudah dulu

Sulit berkonsentrasi karena pikiran terbagi fokus dengan hal lain ? Usahakan singkirkan dulu pikiran - pikiran tersebut dan penuhi pikiran dengan tugas yang belum Kamu selesaikan. Tenang saja, tak usah buru - buru, cukup buat to do list dari tugas - tugas mu mulai dari yang paling mudah dulu, dengan begitu pikiran negatif di pikiranmu perlahan akan sirna.


Baca juga : Pekerjaan yang cocok untuk seorang Extrovert


2. Jangan Ragu untuk meminta Bantuan

Setelah memilah tugas - tugas dari yang paling mudah, jangan sungkan untuk meminta bantuan. Sudah pasti ketika hati sedang sedih kinerja jadi tidak optimal, coba minta pengarahan dari atasan ataupun rekan kerja agar membantumu tetap maksimal dalam bekerja.


3. Pekerjaan = masa depan

Motivator yang paling berdampak buat diri sendiri sudah pasti adalah diri kita sendiri. Kita sendiri yang paling bisa memotivasi diri kita agar bisa move on dari kesedihan. Salah satunya adalah menanamkan mind set bahwa pekerjaan kita hari ini akan menentukan masa depan kita, dengan begitu kita akan fokus kembali menjalani aktifitas dan pekerjaan kita.


4. Jangan curhat pada semua orang

Mungkin mencurahkan isi hati dan pikiran ke orang lain dapat membantu meringankan beban yang kita miliki, tapi tak perlu ke se isi kantor harus tahu dengan masalah kita, bukan malah meringankan yang ada adalah semakin terpuruk. Cukup ceritakan kepada orang terdekat ataupun atasan yang benar - benar peduli tentang pribadi Kamu dan terima saran - saran positifnya!


5. Bergerak dan lebih aktif di kantor

Semakin banyak aktifitas kita, maka secara otomatis akan membentengi diri kita dari pikiran - pikiran negatif yang membelenggu energi positif dalam diri kita. Coba cari kesibukan lain, daripada energi kita habis untuk meratapi kesedihan lebih baik kita habiskan untuk bergerak dan aktif selama di kantor.


Baca juga : Pekerjaan yang cocok untuk seorang Introvert


6. Hindari Menyendiri

Mungkin kita butuh waktu Me Time tapi bukan berarti kita harus menjauh dari orang - orang kantor, yang ada akan membuat se isi kantor khawatir dengan kita. Me time bisa kita gunakan saat break makan siang atau jalan - jalan sore sambil beli segelas kopi atau juga dengan menelfon keluarga dan berbincang - bincang. Sebisa mungkin jadikan waktu

me time tersebut untuk memulihkan energi dalam diri kita agar bisa produktif kembali.


7. Cuti

Jika langkah - langkah diatas belum bisa menyembuhkan rasa sedih di hati Kamu, maka silakan untuk memakai jatah cuti mu dan gunakan semaksimal mungkin seperti liburan, bertemu dengan keluarga atau sebagainya.


Semoga langkah - langkah diatas bisa ampuh dalam menjalani pekerjaan kita dan tetap produktif di kala hati sedang sedih.

Apabila ada pertanyaan terkait artikel diatas ataupun ingin bertanya lebih lanjut terkait dengan dunia pekerjaan bisa melalui akun instagram @bawatama atau melalui akun linkedin bawatama

8 views

Contact

BAWANA MARGATAMA, PT

Sovereign Plaza,2nd floor, Jl.TB Simatupang No 36 West Cilandak, South Jakarta, 12430

​​

recruitment@bawatama.com 

Tel. +62 21 2940 0271 / 72

  • Black LinkedIn Icon
  • Black Instagram Icon

© 2023 by Bawana Margatama