Search

KARIER PROGRAMMER & BERAGAM SELUK-BELUKNYA

Updated: Sep 7, 2021


Programmer

Dunia IT belakangan ini tengah berkembang. Kemunculan berbagai startup dan perusahaan berbasis teknologi jadi salah satu alasannya.

Hal tersebut kemudian membuat kebutuhan perusahaan akan seorang programmer ikut meninggi.


Kondisi di atas membuat programmer dengan skill di atas rata-rata jadi buruan. Karena jumlahnya sedikit, tak heran beberapa perusahaan dan startup rela memberikan bayaran amat tinggi, bahkan ada pula yang di atas CEO.


Baca juga: Mengenal Profesi Developer & Peluang Kariernya


Tertarik mempelajari posisi programmer?

Yuk simak artikel, karena di sini akan dijelaskan apa itu programmer, tanggung jawab dan deskripsi pekerjaan, skill dasar yang dibutuhkan, serta lowongan pekerjaan di bidang programmer.


apa itu programmer?


Programmer adalah seseorang yang menulis kode untuk menciptakan perangkat lunak komputer.


Istilah ini merujuk ke seorang spesialis dalam satu bahasa pemrograman komputer. Di beberapa perusahaan, posisi ini biasanya disebut sebagai software engineer.


Posisi ini dicari karena keterampilan mereka dalam menulis kode untuk membuat proyek atau fitur baru yang mungkin terjadi.


Secara umum, mereka bertugas untuk terlibat dalam proses perancangan, penulisan, pengujian, debugging atau troubleshooting, dan pemeliharaan kode.


Baca juga: 4 perbedan utama antara QA dan QC


Tanggung Jawab & Deskripsi Pekerjaan


Programmer adalah penulis dan penguji kode yang digunakan untuk membuat program perangkat lunak.


Mereka mengubah desain program yang dibuat oleh developer untuk menjadi instruksi yang dapat diikuti oleh komputer. Terkadang, mereka juga bekerja bersamaan dengan developer.


Secara umum, tugas programmer adalah apa yang disebutkan di atas. Namun, ada beberapa tanggung jawab dan deskripsi pekerjaan yang menurut The Balance Careers diterapkan di beberapa perusahaan. Berikut di antaranya:


Baca juga: Cara mempunyai orang dalam ketika melamar kerja!


1. Menciptakan program

Menciptakan program adalah tugas utama seorang programmer. Tugas ini memaksa mereka memahami dan mampu menulis bahasa pemrograman seperti C++ dan Java.



2. Melakukan integrasi dengan backend dan frontend

Setiap perusahaan punya aturan yang berbeda untuk pekerjaan ini. Namun, biasanya di sebuah perusahaan programmer adalah posisi yang berbeda dengan backend developer dan frontend developer.


Biasanya, integrasi programmer dengan backend berhubungan dengan data, sementara frontend berhubungan dengan tampilan program.


3. Melakukan laporan terjadwal dengan manajer produk

Setiap programmer memiliki tanggung jawab terhadap sebuah set instruksi dalam sebuah fitur. Fitur ini dipegang oleh tim produk. Satu tim produk biasanya dipimpin atau dikepalai oleh seorang manajer produk.


4. Berkolaborasi dengan tim desain

Setiap set instruksi diawali oleh desain yang biasanya dikerjakan oleh desainer UI dan UX. Desainer UI bertugas untuk membuat setiap halaman di set instruksi terlihat cantik.


Baca juga: Ini dia waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan!


skill yang dibutuhkan


Dalam lingkungan yang semakin kompetitif, pemrogram komputer harus tetap mengikuti perkembangan teknologi.