Search

5 TIPS SUKSES INTERVIEW ONLINE YANG WAJIB DIPELAJARI



Kamu pernah melakukan interview online? Berikut 5 tips sukses saat kamu harus interview secara online.


Sebuah kemajuan teknologi di zaman ini membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin dilakukan.

Salah sau contohnya adalah dalam hal wawancara kerja pasti identik dengan interview yang berada di ruangan yang sama.


Nah, di zaman yang serba canggih ini, interview bisa dilakukan secara online yang biasanya dilakukan oleh perusahaan multinasional.


Baca juga: Cara Mempunyai Orang Dalam!


Perusahaan tersebut akan mewancarai kandidat calon pegawainya yang berada di kota atau negara lain.


Walaupun dilakukan secara online, tentu ada beberap hal yang harus diperhatikan agar Anda bisa sukses dalam interview online tersebut.


Lalu bagaimana caranya agar bisa sukses interview online? Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini!


Cara sukses interview online:


1. Pastikan Koneksi Internet dan Gadget yang digunakan aman


Hal dasar yang membedakan interview virtual dengan interview langsung adalah perangkat atau medianya.

Oleh karena itu pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan tidak ada gangguan di gadget / laptop kamu.


Salah satu hal agar bisa sukses dalam proses interview online, salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah mengecek ketersediaan koneksi internet dan mempersiapkan alat pendukungnya.


Mengecek ketersediaan internet tersebut seperti memeriksa kestabilan dan kecepatan koneksi internetnya. Jika wi-fi di rumah kurang mendukung, Anda bisa mencari tempat lain memiliki kecepatan internet stabil.


Jika menggunakan pulsa data, ada baiknya untuk mengecek ketersediaan kuota yang tersedia. Jika belum mencukupi, maka Anda harus membelinya terlebih dahulu.


Selain ini persiapkan pula alat pendukungnya seperti handphone atau laptop dalam kondisi baterai penuh, aplikasi untuk online telah tersedia jika diperlukan, dan lain sebagainya.


Baca juga: Tips Menjawab Pertanyaan Interview HRD!


2. Lakukan Latihan terlebih dahulu!

Buat yang pertama kali melakukan interview virtual, akan menyadari bahwa atmosfernya akan sangat berbeda. Kamu bisa latihan dengan orang lain terlebih dahulu sebelum memulai interview virtual.


Langkah berikutnya agar interview bisa sukses adalah dengan berlatih terlebih dahulu. Anda bisa meminta teman untuk menjadi lawan bicara atau pihak yang akan mewancarai Anda.


Siapkan pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan saat proses wawancara. Kemudian minta teman Anda untuk membacakannya atau berlatih-latih seolah sedang diwawancari oleh pihak perusahaan.


Baca juga: Bocoran Pertanyaan HRD!


3. Tetap Pakai Pakaian yang Formal & Rapi

Meskipun interview online, tapi penampilan masih menjadi aspek penilaian dalam sesi interview. Oleh karena itu tetap perhatikan penampilanmu pada saat interview online.


Untuk wanita sendiri bisa menggunakan blazer, dress, atau pakaian sopan lainnya agar tetap terlihat sopan dan professional.


Jangan lupa pula untuk mengecek terlebih dhaulu apakah pakaian tersebut rapih atau tidak. Jika kurang rapih Anda bisa menyetrikannya terlebih dahulu.


Secara teknis, pihak mewancara hanya akan melihat setengah badan saja atau bisa pula hanya fokus pada jawaban yang dilontarkan.


Hanya saja, hal ini adalah kesempatan emas dan berharga bagi Anda terlebih untuk bisa bekerja di perusahaan multinasional.


Tentunya untuk bisa mencapai hal tersebut awali dengan bersikap professional dari baju yang yang dikenakan tersebut.


Baca juga: Cara Menjawab Pertanyaan "Sebutkan Kelemahan Anda!"


4. Pilih Lokasi yang Terang dan Tenang

Setelah siap dengan koneksi internet yang memadai dan pakaian yang formal dan bersih, langkah berikutnya adalah siapkan tempat yang memadai agar proses interview online bisa berjalan dengan lancar.


Proses menyiapkan tempat ini dimaksudkan agar ketika terjadi wawancara tidak ada gangguan dari suara-suara yang seharusnya atau dari orang-orang yang akan menganggu proses tersebut.


Selain jauh dari suara-suara yang bising, hal yang harus diperhatikan dalam memilih tempat adalah memilih background yang tepat.


Situasi sekitar akan mempengaruhi jalannya interview, oleh karena itu usahakan kamu memilih lokasi yang tenang dan terang sekaligus agar interviewer bisa fokus kepadamu.


Pentingnya sekali hal ini untuk diperhatikan terutama saat mengambil posisi tempat tadi. Karena itu, sebelum proses wawancara selesai, Anda harus mengetes terlebih dahulu dengan orang lain sebelum dengan pihak pewawancara.


Baca juga: Tips Melamar Kerja Bagi Fresh Graduate!


5. Buka & Tutup dengan Ucapan Terima Kasih

Etika tetap menjadi poin penilaian utama ketika interview. Pastikan kamu tetap menjaga etika meskipun interview virtual. Semisal dengan mengucapkan terima kasih di awal dan akhir interview.


Jangan lupa untuk banyak berdoa, serahkan semua hasilnya pada Tuhan. Yang terpenting Anda sudah berusaha dan mencoba. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, semoga sukses.


Baca juga: Skill Wajib Selama New Normal!


Kalau kamu ingin mendapatkan informasi lainnya seputar pengembangan karir, tips seputar kerja, informasi lowongan pekerjaan atau informasi lainnya, kamu bisa pantengin social media kami:

Instagram: @bawatama

linkedin: bawatama

Semoga cara di atas bisa membantu kamu dalam menemukan pekerjaan impian, ya!

34 views

Contact

BAWANA MARGATAMA, PT

Sovereign Plaza,2nd floor, Jl.TB Simatupang No 36 West Cilandak, South Jakarta, 12430

​​

recruitment@bawatama.com 

Tel. +62 21 2940 0271 / 72

  • Black LinkedIn Icon
  • Black Instagram Icon

© 2023 by Bawana Margatama