Search

10 Pekerjaan Paling Dicari di Tahun 2021

Updated: Sep 7, 2021


Sejak munculnya pandemi virus corona, banyak industri pekerjaan yang terpaksa harus menghadapi perubahan menjadi serba digital. Berbagai bidang industri mengalami dampak dari adanya pandemi Covid-19 ini. Mulai dari industri pariwisara, penerbangan dan perhotelan menjadi salah satu dari berbagai bidang industri yang paling terdampak. Selain ketiga industri tersebut, industri pekerjaan di bidang pendidikan dan kesehatan juga tentunya tak lepas dari dampak tersebut.


Akibat dari dampak tersebut, banyak industri yang mulai beralih ke digital dan mulai melakukan perekrutan karyawan untuk memenuhi kebutuhan akan perubahan era tersebut.


Tidak hanya dari sisi industri pekerjaan, dari sisi para pencari kerja pun harus segera menyesuaikan dengan kebutuhan yang sedang tinggi akan tenaga kerja.


Untuk menghubungkan antara sisi industri pekerjaan dan pencari kerja, Linkedin melakukan analisa data tentang peluang pekerjaan yang paling banyak diminati.

LinkedIn merilis daftar pekerjaan apa saja yang akan banyak dicari tahun 2021. Daftar ini bisa membantu masyarakat mencari pekerjaan yang memiliki kesempatan kerja tinggi.

Linkedin menggunakan data pekerjaan yang tumbuh antara April dan Oktober 2020, guna mendapatkan profesi yang sedang banyak dicari.


Daftar 10 Pekerjaan Paling Dicari di Tahun 2021 Versi Linkedin

Merangkum dari Linkedin, berikut 10 daftar pekerjaan yang paling dicari di tahun 2021:


1. Profesi E-Commerce

E-Commerce menjadi tempat terpusat selama pandemi berlangsung di mana kegiatan menjual hingga membeli dilakukan di satu tempat tersebut. Banyak masyarakat yang mengandalkan berbagai e-commerce untuk memenuhi kebutuhan mereka.


Mempekerjakan untuk peran ini tumbuh 73% dari tahun ke tahun — dan permintaan itu berlanjut dengan lebih dari 400.000 pekerjaan terbuka saat ini.


Jabatan Teratas:

Supply Chain Associate, Package Handler, Personal Shopper.


Skills:

Manajemen Waktu, Layanan Pelanggan, Kepemimpinan


2. Digital Content Creator

Media online saat ini bukan hanya menjadi tempat mencari hiburan semata, tapi juga bisa menjadi tempat untuk mendapatkan penghasilan.

Semakin meningkatnya pengguna media sosial mulai dari instagram, tiktok, maupun youtube menjadikan banyak industri pekerjaan memanfaatkan peluang di dalamnya.


Permintaan akan Digital Content Creator tumbuh 49% dari tahun ke tahun.


Jabatan Teratas:

Content Coordinator, Writing Consultant, Podcaster, Blogger.


Skills:

Video Editing, Creative Writing, Public Speaking, dll.


3. Data Science

Saat ini data menjadi suatu hal yang sangat mahal. Banyak perusahaan yang mulai menentukan suatu keputusan atau arah dari perusahaan berdasarkan data. Oleh karena itu permintaan akan seorang Data Scientist pun ikut meningkat.


Permintaan untuk peran ini tumbuh hampir 46% sejak 2019.


Jabatan Teratas:

Data Scientist, Data Science Specialist, Data Management Analyst


Skills:

TensorFlow, Statistical Modeling, Data Visualization


4. Business Development & Sales

Tentunya perusahaan tak akan lepas dengan seorang Business Development dan juga Sales. Bidang sales dan business development bertugas untuk memastikan penjualan produk dan jasa perusahaan tetap berjalan dengan baik.


Permintaan untuk peran ini tumbuh lebih dari 45% antara tahun 2020 dan 2019.


Jabatan Teratas:

Sales Consultant, Sales Operations Assistant, Inbound Sales Specialist, Strategic Advisor.


Skills:

Customer Retention, Sales Process, Team Building.


5. Tenaga Pendukung Kesehatan

Pandemi virus corona menyebabkan kebutuhan dokter dan perawat yang tiba-tiba dan berkelanjutan, tetapi juga menciptakan permintaan yang sama bagi orang-orang yang mendukung profesional perawatan kesehatan.


Orang-orang ini membantu mengantar pasien melalui sistem perawatan kesehatan, menyimpan catatan untuk dokter dan banyak lagi. Sejak 2019, perekrutan untuk posisi ini telah meningkat lebih dari 34%.


Jabatan Teratas:

Asisten Perawatan Kesehatan, Teknisi Farmasi, Asisten Gigi, Asisten Kesehatan Rumah.


Skills: